cover
Contact Name
Reza Andrea
Contact Email
reza@wicida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Sebatik
ISSN : 14103737     EISSN : 2621069X     DOI : -
Core Subject : Science,
SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan perguruan tinggi maupun keguruan dan lembaga penelitian lainnya, dengan kebebasan bertukar informasi yang didedikasikan untuk memfasilitasi kolaborasi antara peneliti, penulis maupun pembaca melalui pertukaran informasi. SEBATIK mulai diperkenalkan dan dikembangkan di lingkungan STMIK Widya Cipta Dharma sejak tahun 2001 dan terbuka lebar untuk pengembangan yang berkesinambungan. SEBATIK terbit berkala dua kali dalam setahun, yaitu Juni dan Desember, dimana setiap edisi terbitan mengandung paling sedikit 5 buah judul artikel. Jurnal ini memuat hasil-hasil kegiatan penelitian, penemuan dan pengabdian masyarakat dari bukan hanya dari dunia IT tetapi juga berbagai bidang disiplin ilmu. SEBATIK terbuka untuk topik-topik penelitian dan pengabdian seperti topik hubungan masyarakat, peningkatan ekonomi, pendidikan, infrastruktur TIK, dan lain-lain. Semoga dengan artikel-artikel dalam kultivasi para peneliti dapat saling berbagi ilmu demi memajukan Indonesia khususnya Kalimantan Timur.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 24 No 1 (2020): Juni 2020" : 20 Documents clear
ANALISIS FORCASTING JUMLAH KUNJUNGAN TAMU HOTEL DI KOTA BUKITITINGGI Musli Yanto; Rini Sovia; Putri Melati
Sebatik Vol 24 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bukittinggi merupakansalah satu kota yang dikenal dengan destinasi objek wisata. Beragam bentuk sajian wisata tersaji untuk para wisatawan yang berkunjung baik nasional maupun mancanegara. Salah satu fasilitasyang dibutuhkan oleh para pengunjung adalah ketersediaan hotel untuk tempat menginap saat melakukan kunjungan wisata. Pada penelitian ini, permasalahan yang akan dibahas adalah sebuah proses analisa forcasting untuk melihat jumlah kunjungan tamu hotel yang ada di kota Bukittinggi.Proses forcastingyang dilakukan ini menggunakan metode artificial neural network algoritma backpropagation. Metode ini sangat cocok dalam melakukan sebuah proses forcasting, dimana metode ini bekerja dengan melakukan proses pelatihan dan pegujian terhadap pola data yang dibangun sebelumnya. Proses analisa forcasting tersebut dimulai dengan menemukan variabel data dan membangun pola jaringan terlebih dahulu berdasarkan data jumlah kunjungan tamu hotel serta variabel prediktor yang digunakan diantaranya jumlah kunjungan wisata, jumlah objek wisata, inflansi dan nilai tukar rupiah. Proses ini menghasilkan hasil dengan tingkat nilai akurasi yang didapatkan sebesar 99.98% dan nilai kesalahan sebesar 0.002%.Hasil tersebut didapat dari pola jaringan dengan bentuk 5-70-1 dimana pola tersebut merupakan pola jaringan terbaik yang didapat berdasarkan proses pelatihan dan pengujian jaringan. Hasil penelitian ini akan dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak pengelola hotel serta pemerintah setempat dalam pengelolaan sektor pariwisata guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Bukittinggi.
TWO-DIMENSIONAL PHYSICAL MODELLING IN THE ESTUARIES OF AUR RIVER Achmad Syarifudin; Yulinatini Eka Putri; Lindawati Lindawati; Henggar Risa Destania
Sebatik Vol 24 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Musi River is the main river with a river length of more than 750 km and the average width of 540 m which is still affected by the tides of seawater from the thirteen existing river basin systems. Aur River is one of a tributary of the Musi River located in the Seberang Hulu area of ​Palembang city. Aur River needs to do research related to the rise in water level in the river body if extreme rainfall occurs that will cause inundation in the upstream area of ​​the river. The study was conducted with a hydraulic model approach that is using a physical model of the channel with a scale model and data from existing prototypes and with the existing conditions and the running time of the model carried out for 1.50 hours with a certain period of time data collection is carried out both erosion and sedimentation data and later obtained patterns and the total amount of bed load at the estuary of river. The results of river erosion and sedimentation patterns later. The result of the research was sediment transport patterns with three times period are 30 minutes, 60 minutes and 90 minutes so that the formed of erosion and sedimentation pattern with the total bed load be range 0.66 cubic meter per day from formula, 6.34 cubic meter per day from Einstein’s & Lane and 7.48 cubic meter per day from MPM formula.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KERETA API COMMUTER LINE (STUDI KASUS COMMUTER LINE ARAH CIKARANG KE JAKARTA KOTA) Popon Rabia Adawia; Ayu Azizah; Yenia Endriastuty; Sugandhi Sugandhi
Sebatik Vol 24 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kereta api commuter line sebagai salah satu alat transportasi di darat dengan multi keunggulan, sehingga sangat diminati oleh para pengguna transportasi darat untuk menunjang berbagai aktifitas. Sebagai penyedia tunggal jasa transportasi kereta api commuter line di Jabodetabek, PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) diharapkan dapat melakukan peningkatan kualitas dan fasilitas pelayanan terhadap peningkatan kepuasan para pengguna jasanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen di rute Cikarang – Jakarta Kota khususnys di stasiun Cikarang, Cibitung, Tambun, dan Bekasi Timur. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Penganalisaan data menggunakan software pengolahan data statistik yaitu SPSS for windows. Populasi penelitian ini adalah pengguna jasa moda transportasi masal kereta api commuter line rute Cikarang – Jakarta Kota. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 100 responden. Metode kuantitatif dengan mengambil data primer mengunakan metode kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi kepuasan konsumen terhadap PT KCI. Untuk variabel fasilitaspun berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sehingga apabila fasilitas yang diberikan semakin baik maka kepuasan konsumen juga semakin tinggi terhadap PT KCI. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas pelayanan dan fasilitas mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen PT KCI baik dalam perhitungan dengan parsial maupun bersama-sama (simultan).
DATA MINING PEMBERIAN REWARD PADA KARYAWAN UPI CONVENTION GROUP MENGGUNAKAN NEAREST NEIGHBOR Eka Praja Wiyata Mandala; Muhammad Ridwan; Dewi Eka Putri
Sebatik Vol 24 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Reward bisa diartikan sebagai penghargaan atau hadiah, merupakan sesuatu yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dengan tujuan agar karyawan menjadi senang, bisa lebih giat bekerja, semangat dalam melakukan pekerjaan dan bisa lebih rajin dalam bekerja. Bisa dikatakan reward bisa menjadi salah satu bentuk motivasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. UPI Convention Group merupakan salah satu bentuk bisnis dalam hal penyedia gedung dan fasilitas untuk kegiatan seperti pernikahan, seminar dan berbagai pertemuan lainnya. UPI Convention Group membawahi dua gedung yaitu UPI Convention Center dan UPI Exhibition Hall. Sangat banyaknya kegiatan yang dilakukan membuat banyaknya karyawan yang dibutuhkan untuk bisa memenuhi kebutuhan untuk setiap kegiatan. Selain mempunyai karyawan tetap, UPI Convention Group juga biasanya menerima siswa dari SMK untuk magang dan ditugaskan untuk membantu acara pernikahan yang dilakukan di gedung tersebut. Karena banyaknya karyawan, maka diperlukan sebuah sistem penunjang untuk pemberian reward. Sistem dikembangkan dengan pendekatan data mining dengan menggunakan metode nearest neighbor untuk mendapatkan nilai similarity ksus baru dengan kasus sebelumnya. Hasil penelitian ini adalah aplikasi data mining yang diimplementasikan menggunakan media web.
PELATIHAN PENGELOLAAN PONDOK WISATA BAGI KELOMPOK SADAR WISATA DESA PELA, KECAMATAN KOTA BANGUN, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA I Wayan Sudarmayasa; I Wayan Lanang Nala; Said Keliwar
Sebatik Vol 24 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kelompok Sadar wisata adalah ujung tombak dari berkembangnya prospek serta keberlangsungan kepariwisataan di suatu wilayah destinasi wisata di Indonesia. Untuk mendukung keberadaan dari keberlangsungan destinasi di desa wisata, diperlukan adanya pendampingan dari instansi, dinas atau elemen yang terkait dengan kepariwisataan secara berkelanjutan. Desa Pela adalah salah satu wilayah yang berada di kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara yang memiliki kelompok Sadar Wisata. Untuk itulah tujuan dari pengabdian pelatihan pengelolaan pondok wisata ini adalah melatih para anggota kelompok sadar wisata yang memiliki pondok wisata mengerti, memahami, serta bisa menerima tamu dengan baik, sopan dan penuh keramahan ketika menginap di rumah mereka. Metode dalam pelatihan ini, masyarakat kelompok sadar wisata diberikan pemahaman akan aturan yang ada dalam pondok wisata, teori tentang pemahaman pondok wisata serta mempraktikkan secara langsung cara pengelolaan pondok wisata yang baik dan benar. Dengan pelatihan ini nantinya diharapkan masyarakat kelompok Sadar Wisata Desa Pela bisa menerima tamu di rumah mereka dengan ramah, baik, sopan santun yang tinggi, melakukan pelayanan yang ramah setiap kali ketika diperlukan sehingga meninggalkan kesan yang baik bagi wisatawan yang menginap di rumah mereka.
ANALISA PERBANDINGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN K-NEAREST NEIGHBOR TERHADAP KLASIFIKASI DATA Aida Indriani
Sebatik Vol 24 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan forum sebagai sarana pembelajaran telah banyak digunakan pada kalangan Mahasiswa. Forum digunakan sebagai sarana berdiskusi antar sesama anggota forum untuk membahas materi sesuai dengan judul topik. Judul topik biasanya ditentukan sesuai dengan isi materi yang akan dibahas. Judul topik yang sudah terlalu banyak di dalam sebuah forum dapat berakibat salah dalam pemilihan judul. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan klasifikasi judul topik secara otomatis sesuai dengan isi materi. Klasifikasi teks dapat diselesaikan dengan menggunakan teknik text mining. Pada proses klasifikasi yang dilakukan yaitu dengan membagi dataset menjadi 2 (dua) bagian menjadi data latih (training) dan data uji (testing). Pada tahapan awal klasifikasi dilakukan proses pre-processing yang diawali dengan tahapan tokenisasi, kemudian dilanjutkan dengan filtering dan diakhiri dengan stemming. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam klasifikasi teks antara lain naïve bayes classifier (nbc), k-nearest neighbor (k-nn), rocchio, weight adjusted k-nearest neighbor (wa k-nn) dan lain-lain. Pada penelitian ini, penulis membandingkan 2 (dua) metode yaitu nbc dan k-nn. Dari hasil perbandingan kedua metode dapat disimpulkan bahwa metode k-nn lebih baik tingkat akurasinya daripada metode nbc. Hal ini dibuktikan dengan tingkat akurasi sebesar 80% untuk metode k-nn dan sebesar 73% untuk nbc yang dihitung dengan menggunakan metode confusion matrix.
PENILAIAN DAN KONTROL RISIKO TERHADAP INFRASTRUKTUR DAN KEAMANAN INFORMASI BERDASARKAN STANDAR ISO/IEC 27001:2013 (STUDI KASUS: INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER) Anindya Dwi Lestari Sugianto; Febriliyan Samopa; Hanim Maria Astuti
Sebatik Vol 24 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merupakan direktorat yang memiliki fungsi menangani seluruh aktivitas yang berhubungan dengan sistem dan teknologi informasi di ruang lingkup ITS. Risiko yang muncul dalam organisasi di bidang sistem dan teknologi informasi terutama pada ruang lingkup infrastruktur dan keamanan informasi, seperti adanya kerusakan aset, pencurian data, layanan yang tidak bisa diakses. Tindakan penanganan risiko terkait ruang lingkup infrastruktur dan keamanan informasi di DPTSI ITS belum diterapkan dengan baik sehingga dapat mengakibatkan terganggunya proses bisnis. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan terkait ruang lingkup infrastruktur dan keamanan informasi diperlukan adanya standar agar dapat meminimalisir risiko yang ada. Standar yang digunakan dalam penelitian ini adalah standar ISO/IEC 27001:2013 sebagai kerangka kerja dalam proses identifikasi dan penilaian risiko terkait ruang lingkup infrastruktur dan keamanan informasi yang dibuat berdasarkan hasil wawancara dan justifikasi dari pihak DPTSI ITS. Adapun standar lain yang digunakan yaitu ISO/IEC 27002:2013 sebagai standar penyusunan kontrol dari hasil penilaian risiko terkait ruang lingkup infrastruktur dan keamanan informasi. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini berupa dokumen penilaian beserta penyusunan kontrol risiko yang sesuai dengan kebutuhan terkait ruang lingkup infrastruktur dan keamanan informasi di DPTSI ITS dengan menggunakan standar ISO/IEC 27001:2013 dan ISO/IEC 27002:2013.
RELATIONSHIP OF MARKETING ASPECTS, FINANCIAL, FUNDS, TECHNICAL, MANAGEMET ON CUT CREDITS IN BANK MANDIRI ANEKA TAMBANG IN JAKARTA Reza Suriansha; Erwin Rasyid; Alfonsus Beo Say
Sebatik Vol 24 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Bank Mandiri is the largest bank in Indonesia in terms of assets, loans, and deposits. But at this time Bank Mandiri is experiencing a large number of customers that are doing bad credit. The research was conducted related to the number of bad loans experienced by PT. Bank Mandiri, Jakarta. The purpose of this study is to determine the relationship of internal factors, which include aspects of marketing, aspects of financial arrangements, aspects of funds, technical aspects, and management aspects partially and simultaneously on the customer's bad credit. The method used is quantitative by using correlation analysis techniques. The method of data collection is carrying out by collecting and submitting research questionnaires to debtors using the Bank Mandiri (PERSERO) TBK branch of the Jakarta Building Aneka Tambang branch that experiences cut credit, and studies documents relating to cut credit. This event obtaining from books and literature, related research journals. The analysis tool used is multiple regression analysis using SPSS software version 22. Partially, using the t-test of the marketing aspects, financial management aspects, funding aspects, technical aspects, and management aspects of bad credit. From the research results obtained aspects of financial management, technical aspects and management aspects have a positive and significant correlation to the increase in cut credits of PT. Mandiri Bank. Then, the marketing and funding variables correlate negatively and significantly to bad loans so that the increasing aspects of marketing and funding aspects, the cut credit decreases. From the simultaneous test results of the independent variables on the dependent variable, it knowing that the marketing aspects, financial management aspects, funding aspects, technical aspects, and management aspects have a significant and significant influence on the cut credits of Bank Mandiri in the Aneka Tambang Jakarta branch in Jakarta.
SISTEM PAKAR CERTAINTY FACTOR DALAM MENDIAGNOSIS INDIKASI PENYAKIT KATARAK PADA ANAK Randy Permana; Rini Sovia; Hanippa Prima Putra
Sebatik Vol 24 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pakar merupakan salah satu bagian dari cabang ilmu kecerdasan buatan yang mengombinasikan pengalaman dan mesin inferensi untuk mendapatkan suatu pengetahuan. Dengan membangun sistem pakar, pengguna bisa mendapatkan pengetahuan yang bersumber dari sistem sama seperti bertemu dengan seorang pakar yang sebenarnya. Terdapat banyak kasus yang dapat dipecahkan oleh sistem pakar antara lain : kesehatan, pertanian, peternakan, otomotif, eletronik dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada penelitian ini sistem pakar menerapkan metode certainty factor atau yang disebut dengan faktor kepastian, merupakan metode berbentuk metrik untuk membuktikan apakah suatu fakta yang diberikan pengguna pasti atau tidak dengan yang terdapat di dalam sistem pakar. Kasus yang akan dipecahkan oleh sistem pakar ini adalah pendeteksian secara dini terhadap penyakit katarak yang rentan menyerang bayi maupun anak di bawah umur. Penyakit katarak pada anak umumnya disebabkan oleh beberapa hal seperti kelahiran bayi secara prematur, Ibu yang mengandung mengidap rubella atau toksoplasma, dan juga termasuk makanan yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Hasil dari Sistem pakar ini akan menyimpulkan apakah seorang anak menderita penyakit katarak Congenital, Juvenile, Traumatic ataupun tidak sama sekali berdasarkan gejala yang dipilih oleh seorang pengguna berdasarkan nilai keyakinan yang dimiliki oleh seorang pengguna.
PENGARUH KOMPETENSI DIMODERASI OLEH TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUBLIK Maulana Ali
Sebatik Vol 24 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : STMIK Widya Cipta Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan publik menjadi fokus pembicaraan di era keterbukaan saat ini, khususnya dalam memasuki era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan ingin melihat pengaruh kompetensi dengan dimoderasi oleh penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap kinerja pelayanan pada kantor pelayanan publik di Kota Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 lembaga usaha yang menerima pelayanan dari kantor pelayanan publik di kota Palembang. Pengumpulan data primer dilakukan dengan kuesioner yang berisi tanggapan dari responden. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 20. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas; selanjutnya dilakukan uji kelayakan model berdasarkan nilai Goodness of Fit (GoF); Uji Hipotesis untuk menguji pengaruh kompetensi dengan moderasi penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap kinerja pelayanan kantor publik di Kota Palembang dilakukan dengan menggunakan Teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 20.0.. Hasil dari pengujian ini menunjukkan aspek kompetensi berpengaruh secara positif dan signifikan sebesar 0,81 terhadap kinerja pelayanan dan semakin menguat pengaruhnya jika dimoderasi oleh penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi sebesar 0,91.

Page 1 of 2 | Total Record : 20